Biotonk Komposter Organik (District Grant# 2091015)

Biotonk Komposter Organik (District Grant# 2091015)

Pada tanggal 8 September 2020 Rotary Club Bali Taman menyerahkan 66 set Biotonk Komposter sampah Organik proyek District Grant No. 2091015 kepada desa Adat Pesaban Kec. Rendang Karangasem. Kegiatan ini dirangkai dengan menyambut HUT ke-29 RC Bali Taman yang jatuh pada tanggal 17 September 2020.

Sebelum diberikan bantuan Biotonk komposter, kepada masyarakat khususnya Ibu-ibu Rumah tangga di Desa Pesaban diberikan edukasi tentang pengelolaan sampah, pemilahan sampah antara sampah organik dan sampah an organik selama 4 hari ber turut-turut secara bergiliran. Program pemerintah mengharapkan setiap orang bertanggung jawab terhadap sampahnya. SAMPAHKU TANGGUNG JAWABKU DAN SAMPAHMU TANGGUNG JAWABMU.

Sampah dikelola berbasis sumber. Sampah Rumah jangan keluar rumah sebelum dikelola, sampah desa jangan keluar Desa sebelum di ke kelola. Sampah yang boleh dibawa keluar mesti yang sudah dipilah / diolah. Setelah masyarakat mempunyai pemahaman tentang pengelolaan sampah maka mereka sangat antusias dan dengan semangat ingin segera mempraktek kannya. Akhirnya mereka sepakat membentuk Bank Sampah.

Rotary Club Bali Taman diposisikan sebagai sponsor utama. Dan ternyata Bank Sampah itu mulai beroperasi bersamaan dengan saat penyerahan Biotonk Komposter Organik tersebut; jadi kami Rotary Club Bali Taman menyaksikan kegiatan Bank Sampah. Sedikit informasi tentang “BANK SAMPAH”. Semua sampah-sampah an organik ( sampah yg tidak bisa di olah melalui komposter) dikumpulkan dan dipilah. Ada yg laku di jual dikumpulkan dan yang tidak laku juga dikumpulkan. Dipilah sesuai golongan nya dibawa dan akan ditimbang lalu dihitung harganya. Ini menurut jenisnya semua ada harganya kemudian di total secara keseluruhan. Nilai totalnya ini ditulis di buku tabungan, demikian seterusnya .

Semua barang-barang rongsokan bisa diterima dan ada harganya kecuali : sterofom, plastik mika, nasi., sandal karet. Sampah sebagai masalah kita bersama, apalagi sampai rumah tangga, dengan adanya pembagian Komposer Organik yang kita serahkan menghasilkan : 1. Pupuk kompos padat 2. Pupuk kompors cair 3. Magot Sangat bagus dan bermanfaat buat meningkatkan kebersihan, pola hidup lingkungan rumah tangga, dan adanya Bank Sampah secara pelan-pelan bisa mengatasi masalah di masyarakat, juga termasuk area fokus yang ke-7 Rotary yaitu Environmen dan juga menambah financial masyarakat. Tuhan memberkati setiap langkah RC Bali Taman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *