03. KALI PERTAMA Trip keluar kota sebagai District Governor Surabaya & Solo BCO15 – 16 July 2024


Dari jauh-jauh hari, AG Enny dan team Solo area sudah meminta saya, selaku District Governor, untuk datang ke acara Board Change Over untuk Solo area dan Madiun, yaitu tanggal 16 July 2024.  Nah, pas melihat skedul saya, PP Diana Andalusi langsung “japri” saya meminta kedatangan DG untuk menghadiri Board Change Over RC Surabaja – Darmo, sehari sebelum ke Solo, yaitu pada tanggal 15 July.  Kami akan melantik 4 members baru, demikian disampaikan oleh PP Diana.  Jawaban saya ; SIAP 89

Untuk perjalanan keluar kota pertama kali sebagai DG, saya ditemani dengan PP Endah Mirasanty (Past President dari RC of Bali Denpasar). FYI, ada 3 rotarian dari Denpasar yang berkomitmen untuk menemani saya pada saat melakukan perjalanan keluar kota selaku DG.  PP Endah Mirasanti (Dayang 1), PP Enny Harini (Dayang 2) dan PP Sisca (Dayang 3). Terharuuuu saya dengan sedemikian supportnya mereka untuk saya dan Rotary. They are absolute great Rotarian and great friends. 

Anyway, karena acaranya siang hari, untuk mengantisipasi delay, maka saya dan Dayang Endah, mengambil pesawat pertama, semnagat 45 nih.. jam 6 pagi sudah nongkrong di airport. Mata masih separuh terbuka.. untungnya dapat deal kopi gratis di Salah satu café.. lumayan deh buat menghangatkan perut dan membuka mata.

Pesawat ontime, yang bingung  adalah yang jemput, karena masih pagi sudah sampai Surabaya. PP Irawan yang baik hati ternyata sudah menjemput dan langsung mengajak kami ke tempat sarapan, Namanya Kartiko… Naaah.. yang pada mauke Surabaya, tempat ini recommended ya.. banyak jajanan pasarnya… dan makanan-makanan tradisional. Yang hampir dipastikan uenaaak.. uenaaak semua. Sambil menikmati kopi, mulailah berdatangan Pres Diana yang minta dipanggil Pres Din supaya gak saingan dengan PP Diana Andalusi☺, kemudian juga Pak Qodrat yang keliatannya ada dimana-mana. 

Cut the long story short, acara BCO RC of Surabaya Darmo dimulai dengan makan siang  (padahal barusan sarapan yaa☺) yang dilanjutkan dengan acara BCO. Disini saya bertemu dengan banyak rotarian senior yang terdiri dari para pengusaha Surabaya (yang kebanyakan gendernya laki-laki), dan beberapa member wanita yang walaupun jumlahnya tidak seimbang, tetapi powernya luar biasa. 

Surprise pertama buat saya  adalah ada sekitar 6 members yang masih memiliki attendance rate 100%. WOW…Surprise kedua, adalah dalam acara BCO ini, juga ada pelantikan 5 anggota. Yippeee . Surprise ketiga, adalah ada 7 members yang menerima challenge TRF untuk bulan July dan Agustus, dimana kontribusi USD500 dimatch dengan 500 point utk menjadi PHF. Thankyou RC Surabaya – Darmo, buat hospitalitynya dan buat sharing program-programnya yang luarbiasa. Juga terimakasih untuk rotarian dan laders Rotary di Surabaya area yang ikut hadir pada BCO yang meriah ini.

Next agenda adalah meeting area Surabaya yang dikoordinasi oleh DDG Yetty Sutan yang baik hati. “DG.. nanti kita bertemu Pres, Sec dan para AGs di Surabaya area ya” demikian disampaikan DDG Yetty. Malam itu, kami semua berkumpul di Restaurant The Layar – tau saja kalau  DGnya suka seafood yaa☺. Oh iya… IPDG Romy dan spouse Ita juga berkesempatan hadir malam itu. Senang sekali dengan keramahan dan keguyuban rotarian Surabaya, this is Rotary with our fellowship. 

Setelah selesai makan malam, kok DDG Yetty terlihat sedikit resah yaa… ndilala nungguin PP Wimphry yang terlambat datang,  yang merupakan bendahara area, untuk men-settle bill makan malam. Hahahhha.. untung bendahara datang ya☺

Tgl 16 July, dipagi hari sudah dijemput oleh PP Irawan  untuk didrop ke Station Gubeng, untuk berangkat menuju Solo. Numpak Sepur. Wuiih… Stationnya bersih, keren dan modern. Kereta datangnya juga ontime, keretanya bersih,dan sangat nyaman. Wah.. saya yang tinggal di Bali, jadi sirik nih… Bali gak punya kereta.

Perjalanan Surabaya – Solo memakan waktu sekitar 3 jam dengan. Tepat pada saat kereta merapan di stasiun Solo Balapan, dari kejauhan sudah terlihat AG Enny ditemani Pres Tika dan PP Fitriana disertai 2 Rotaract sudah menyambut kedatangan saya dan PP Endah. Next stop.. Restoran Sederhana milik Pres Tika sebagai menu makan siang kita. Thanks Pres Tika☺

Sesuai jadwal, jam 6 sore saya dan PP Endah (Dayang 1) sudah tibe di Hoyel Sunan dimana BCO area Solo dan madiun akan dilaksanakan. Dan ternyata.. saya kepagian. Rotarian mulai berdatangan pada pukul 06.30, tetapi saya senang karena sempat ngobrol santai dengan rotarian dari RC madiun yang sudah jauh-jauh datang untuk acara BCO ini.

Thankyou buat team Solo area yang menginisiasi BCO area, terlihat banyak rotarian senior dan junior yang hadir dimalam ini, baik dari RC Solo Kartini, Solo Raya, Sriwedari, Madiun dan Rotaractors. Ini terasa guyub seperti reunion. Kalau kata PP Ami Kadiono. kayak mini district conference☺

Di acara ini,  Rotarian Solo area memberikan surprise untuk DG, yang diminta melantik total 18 rotarian dan 12 Rotaractors. What a lovely surprise. Atas nama District, saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh Rotary Clubs di Solo area dan madiun. Buat semua leaders yang ada di Solo area, Pdg Febri, DDG Danarsih, PP ami, PP Hariady, PP Gareng, AG Enny dan segenap rotarian yang tidak bisa saya sebut satu persatu. Matur nuwun.

Bye-Bye Solo… sampai bertemu di kesempatan lain yaa.


in News
Share this post
Our blogs