08. DG Visit 5th, RC of Semarang Bojong 19.00 – 21.00 - July 25, 2024


RC Semarang Bojong ini merupakan Club tertua di kota Semarang dan tahun ini merayakan anniversarynya yang ke 42 tahun. Congratulation!

Sebagaimana layaknya Club tua, Semarang Bojong pernah mengalami masa kejayaan dan masa terpuruk dimana karena keguyuban membernya, dan keasyikan melakukan service, mereka lupa melakukan regenerasi. 

 

Tetapi saya senang sekali melihat dinamika Club ini sekarang ada AG Nora, ada PP Lily dan ada PP Beno dan PP Agus, Pres Leny dan mixture members yang beragam, termasuk Rotaract Club nya yang juga keren-keren. Pada saat AG Nora, minta pendapat tentang Club ini, dengan bangga saya bilang “ RC Semarang Bojong is on the rise” keep up the momentum..

 

Dengan project service yang bagus dan impactful, variasi members yang bagus, dan partisipasi ke TRF dan keinginan untuk membuat Global Grant untuk proyek yang sustainable, akan relative mudah untuk menarik member baru.

Selamat buat RC of Semarang Bojong… Lanjutkaaan!


 

PROJECT VISIT, Tambak Lorok – RC of Semarang Bojong

08.30 – 10.00 -  27 July 2024

 

Sesuai jadwal,  jam 8 pagi saya dan PP Enny sudah standy di lobby. Btw, PP Enny sangat diligent dalam mengawal trip ini lho, setiap pagi tanpa jeda beliau menyiapkan perasan lemon untuk mengalkaline kan badan, kemudian pada saat sarapan menu utama adalah 2 butir telur setengah matang (direbus selama 7 menit max dari air mendidih). Dan itu menjadi fuel buat kami dalam mengikuti skedul yang lumayan padat.

 

Perjalanan ke Tambak Lorok memakan waktu kurang lebih 1 jam lamanya, lokasinya di Semarang Timur area pesisir. Katanya ini adalah “Slump area”nya Semarang. AG Nora bilang, kalau ada sepeda motor yang hilang  (baca dicuri) di Semarang, biasanya bisa ditemukan di Tambak LorokJ.  Ternyata, ini tempatnya preman dan teman-temannya. Nah lhooo… kok PP Lily dan AG Nora berani punya proyek Rotary disini?

 

Rotary Semarang Bojong bekerjasama dengan LPUBTN (Lembaga Pemberdayaan Usaha Buruh Tani dan Nelayan) – binaan Keuskupan Agung Semarang. Membina ibu-ibu PKK di RW 15 Kelurahan Tanjung Mas dengan nama RCC (Rotary Community Corps) Limolas Hebat, yang diketuai oleh Ibu Isti Sumiwi.  

 

Menurut saya, ini proyek menarik dan impactnya significant lho..  RC Semarang Bojong bekerjasama dengan LPUBTN sejak tahun 2021 sudah meng’empower’ RCC Limolas hebat ini dengan berbagai program secara terus menerus dan konsisten.  Mulai dari penyedian filter untuk air tadah hujan, berbagai workshop untuk pertanian organik, nutrisi untuk para balita, waste management dengan bank sampahnya dan juga pelatihan UMKM. Jadi hampir lengkap  kegiatan 7 area focus dilakukan disini, secara konsisten dan focus pada RW15.  Dan hasilnya terlihat nyata, di RW ini kebun umumnya terlihat jauh lebih subur, terawat, dan  Ibu-ibu anggota RCC ini terlihat sangat bersemangat dan enthusiast dengan segala kegiatan positif yang Rotary lakukan diarea ini. Melihat hasil yang nyata, penduduk sekitar mulai tertarik untuk ikut serta program-program yang ditawarkan. Kereeen nih proyeknya.

 

Kemudian, saya diajak ke daerah penanaman Mangrove, disini terlihat dampak kerusakan lingkungan dengan penurunan tanah didaerah pesisir yang significant, sekitar 10cm per tahunnya. Terlihat bahwa air laut sendiri posisinya sudah lebih tinggi dari daerah pemukiman sekitar, katanya kalau angin dan hujan besar, pada saat air pasang, air masuk ke rumah-rumah. Disini saya melihat bangunan rumah pada tenggelam.  Ada rumah yang tadinya berlantai 2, sekarang lantai 2 nya itu menjadi lantai 1. Katanya prosesnya 15 tahun untuk “menenggelamkan” rumah lantai 2 tersebut.  Wow…

 

Seorang ibu tua sedang membersihkan kerrang didepan rumahnya, sekilas saya melihat ruang tamu rumahnya tertutup lumpur dan selembar tikar ditaruh diatas lumpur yang memadat tersebut.  Saya sempat bertanya, ndak mau pindah bu?  Beliau menjawab “mau pindah kemana.. trus mau kerja apa?” Saya sampai tercekat, tidak dapat berkata-kata.

 

Secara kasat mata, daerah ini bukanlah area layak huni. Tapi penduduk sekitar tidak memiliki opsi untuk pindah. Menyedihkan yaa…Thankyou Rotary yang sudah memberikan harapan dengan program-programnya , terimakasih sudah peduli dengan kehidupan mereka.

 

Tahun ini, RC of Semarang Bojong berencana untuk melakukan Global Grant untuk Tambak Lorok, dengan penambahan cubang tadah hujan, pembuatan toilet apung, program pelatihan  dan penanaman mangrove untuk memberikan extra barrier terhadap ROB air laut.  Semoga segera didapatkan International partnernya yaa.

 

Tidak terasa, waktu menunjukkan pukul 10.30 kami harus segera Kembali untuk persiapan DG Visit ke RC of Semarang Sentral di siang hari ini. Thank you Pres Leni, PP Lily dan AG Nora, yang sudah menemani project visit hari ini.


in News
Share this post
Our blogs