District Training Team Seminar (DTTS)

District Training Team Seminar (DTTS)

District Training Team Seminar (DTTS) diselenggarakan oleh Learning and Development Committee District 3420 secara daring pada tanggal 26 – 27 Maret 2021. Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk membantu District Governor Elect, Incoming Asistent Governor dan Incoming District Officers mempelajari peran dan tanggung jawab baru mereka agar dapat mencapai tujuan-tujuan distrik di tahun Rotary “Serve to Change Lives” 2021–2022.

Pada kegiatan ini, Learning and Development Committee District 3420 menghadirkan guest speakers yang sangat spesial. Yang pertama, Past District Governor H. Andre Suharto sebagai Rotary Regional Public Image Coord for Zones 10 B & 10 C yang membahas tentang “Sharing Experience: Peran Incoming DO dalam Mendukung DGE”. Yang kedua, Arist Merdeka Sirait sebagai Ketua Komnas Perlindungan Anak yang berbicara tentang “Perlindungan Anak dan Tanggungjawab Kita Bersama”, dan pembicara ketiga, Mohammad Bijaksana Junerosano sebagai Founder and Director Waste4Change yang membahas tentang “Kepedulian Lingkungan: Dari Hati Menuju Sinergitas Aksi”.

Di hari pertama, kegiatan dimulai pukul 18.15 WIB dan berakhir sekitar pukul 23.00 WIB. Kegiatan ini dibagi menjadi dua sesi (plenary) dan dihadiri oleh ± 112 peserta. Pada sesi pertama dimulai dengan Fellowship, Welcome DTTS Participants (Greetings, Mars Rotary) oleh PP Ronny Mustamu dan Doa oleh IAG Mochammad Syafiudin, Welcome Address oleh DLD Chair PDG Mufid Wahyudi, DG Remarks oleh DG Nyoman Suastika, Opening Remarks oleh Convenor DGE Cindy Bachtiar, Leadership oleh PP Ronny Mustamu, dan Inspirational Talks “Managing Conflicts among Rotarians” oleh PDG Wayan Suryawan. Pada sesi ini juga dibagi menjadi Breakout Sessions 1 yang membahas tentang Roles and Responsibilities dari Assistant Governor (AG)  dan District Officers (DO) dan di Breakout Sessions 2, peserta DTTS dikelompokkan ke dalam bidang masing-masing untuk berdiskusi bersama tentang draft planning di setiap bidang mereka; Main Room (Action Plan for IAG), Breakout Room 1 (Action Plan for TRF), Breakout Room 2 (Action Plan for Membership), Breakout Room 3 (Action Plan for Public Image), Breakout Room 4 (Action Plan for Young Leaders), dan Breakout Room 5 (Action Plan for Girl Empowerment). Pada sesi kedua, setiap perwakilan dari masing-masing bidang menyampaikan hasil diskusi mereka dan ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Convenor DGE Cindy Bachtiar.

Di hari kedua, kegiatan dimulai pukul 09.00 WIB dan berakhir sekitar pukul 14.30 WIB dengan dihadiri oleh ± 92 peserta. Agenda pertama dibuka dengan Fellowship, Welcome DTTS Participants (Greetings, Mars Rotary) oleh PP Rony Mustamu dan Doa oleh PDG Nilawati, Welcome Address oleh DLD Chair PDG Mufid Wahyudi, Opening Remarks oleh Convenor DGE Cindy Bachtiar,  pemaparan materi tentang “Kepedulian Lingkungan: Dari Hati Menuju Sinergitas Aksi” oleh Mohammad Bijaksana Junerosano selaku Founder and Director Waste4Change, Rotary’s Action Plan oleh PDG Mufid Wahyudi, Sharing Experience: “Peran DO 3310 dalam Mendukung DGE” oleh PDG H. Andre Suharto selaku Rotary Regional Public Image Coord for Zones 10 B & 10 C, dan dilanjutkan dengan Sharing Action Plan oleh setiap Incoming District Committee Chair. Setelah Incoming District Committee Chair menyampaikan action plan masing-masing, dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang “Perlindungan Anak dan Tanggungjawab Kita Bersama: Update 2021” oleh Arist Merdeka Sirait selaku Ketua Komnas Perlindungan Anak. Setelah pemaparan materi, dilanjutkan dengan District Town Hall Meeting oleh All PDG’s, DG, DGE, DGN, DGND dengan dimoderatori oleh PP Suzana Chandra dan ditutup dengan ucapan terima kasih oleh Governer DGE Cindy Bachtiar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *