Donor Darah dan Pengobatan Gratis di Area 3 D3420, Peringatan Berdirinya Rotary Internasional ke-116

Donor Darah dan Pengobatan Gratis di Area 3 D3420, Peringatan Berdirinya Rotary Internasional ke-116

Memeringati hari jadi Rotary Club yang ke- 116, Rotary Club di Area 3 District 3420 menggelar dua acara sekaligus, dalam dua hari berturut-turut, Minggu (21/2/2021) dan Senin (22/2/2021). Donor darah di Kudus dan pengobatan gratis di Desa Mustokoharjo Pati, yang terendam banjir selama satu bulan.

Pandemi Covid-19 tidak hanya merubah kebiasaan orang dalam beraktifitas sehari-hari. Tetapi juga membuat banyak aktifitas menurun. Demikian pula persediaan darah di Palang Merah Indonesia (PMI) yang semakin menipis. Menipisnya persediaan darah di PMI, disebabkan oleh beberapa faktor. Antara lain orang takut untuk mendonorkan darahnya karena adanya pandemi, dimana mereka takut terpapar Covid-19 saat mendonor. Faktor lainnya, adalah pembatasan layanan dari PMI membuka donor darah massal. Pada saat pandemi ini, layanan tersebut dilakukan secara terbatas karena untuk menghindari kerumunan. Sesuai protokol kesehatan, seluruh kegiatan diupayakan agar tidak mengundang adanya kerumunan dan bisa menjaga jarak.

Kondisi ini membuat Rotary Club di Area 3 District 3420, Rotary Club Kudus dan Rotary Club Kudus Srikandi, berinisiatif menggelar donor darah di tempat umum, di Alun-alun Kudus, pada Minggu (21/2/2021). Alasannya, pada hari Minggu, biasanya lokasi tersebut digunakan masyarakat untuk aktifitas olahraga ringan, jogging dan jalan-jalan. Tercatat ada sekitar 50 pendonor yang mendonorkan darahnya. “Kami melaksanakan kegiatan ini untuk memeringati berdirinya Rotary Club yang ke-116. Sekaligus sebagai wujud nyata, Serve Above Self,” kata AG Retno Wijayanti. Tujuan kegiatan ini, pertama, membantu persediaan darah di PMI. Kedua, lebih memperkenalkan Rotary ke masyarakat dan ketiga, agar anggota Rotary bisa semakin melayani masyarakat.

Sebelum mendonorkan darahnya, pendonor melaksanakan serangkaian tahapan. Mulai penyemprotan disinfektan pada tubuh pendonor, mengecek suhu tubuh, menuliskan data diri, pendataan riwayat sakit dan obat yang dikonsumsi, mengecek tekanan darah dimana minimal di atas 10, cek hemoglobin dalam darah dan saturasi oksigen. “Darah yang telah diambil, akan dilakukan screening terlebih dahulu dari HIV, sifilis, hepatitis B dan C,” tambahnya. Sementara untuk pengobatan gratis, digelar di Desa Mustokoharjo, Pati oleh Rotary Satelit Kudus Pati dengan bekerjasama dengan Puskesmas Pati 1. Desa Mustokoharjo, selama satu bulan terakhir ini terendam banjir. “Satu bulan terendam air, pasti banyak persoalan kesehatan pada masyarakat,” tambahnya.

Rotary Satelit Kudus Pati, ingin membantu masyarakat korban banjir sekaligus memperkenalkan service (pelayanan) dari Rotary Club. Selain mengembangkan jiwa melayani untuk anggota Rotary Club. Sebelumnya, Rotary Club telah membantu sembako, perlengkapan mandi dan kebersihan kepada masyarakat desa tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *