Empathy for Charity – Fun photography & Coloring about people of action

Empathy for Charity – Fun photography & Coloring about people of action

Belajar menggunakan kamera dengan baik akan membuat kegiatan fotografi menjadi lebih menyenangkan. Fotografi itu seperti terapi. Berbekal kamera dan waktu untuk memotret, kita bisa mendapatkan waktu luang yang menyenangkan dalam kehidupan sehari-hari.

Namun masih ada orang yang tidak menikmati proses kreatif pengambilan foto. Padahal berbekal lebih banyak pengetahuan soal fotografi akan membuat momen memotret menjadi lebih menyenangkan.

Karena itu, untuk menghasilkan foto yang indah dan menarik, tidak ada salahnya mempelajari berbagai hal terkait fotografi. Untuk itu Rotary Club Surabaja-Darmo berkolaborasi dengan Rotaract Club Surabaya Darmo Raya, Rotaract Club Sidoarjo dan Bali Children Foundation – Yayasan Samiarsa Seminyak serta didukung penuh oleh Rotary District 3420 Region 5,6,7 Jawa Timur melaksanakan Kegiatan EMPATHY FOR CHARITY – FUN PHOTOGRAPHY & COLORING ABOUT PEOPLE OF ACTION. Kegiatan ini mengajak para remaja untuk berlatih fotografi sambil memberikan donasi barang atau uang untuk anak-anak yang kekurangan. Setelah pembukaan kegiatan charity ini dilakukan di Food Junction Grand Pakuwon Surabaya tanggal 19 September 2020, kegiatan ini juga di lakukan di Bali.

Tujuan kegiatan ini selain melatih kemampuan dasar fotografi dan kemampuan mengekspresikan kreativitas dengan kamera untuk pelajar SMA dan Mahasiswa juga bertujuan menumbuhkan rasa Empati dan rasa mau berbagi dari para peserta, Rotaract dan juga para Rotarian. Karena para peserta yang mengikuti pelatihan fotografi ini diharapkan juga memberikan donasi berupa uang, alat-alat tulis atau mainan. Donasi yang terkumpul nantinya oleh Rotary Club Surabaja-Darmo bersama Bali Children Foundation akan dibagikan kepada anak-anak yang kurang mampu.

Diharapkan dengan adanya pelatihan ini, kemampuan para remaja terutama Rotaract dalam fotografi dapat meningkat sehingga mampu menjadikan fotografi sebagai alat komunikasi visual dan bahan publisitas yang bermanfaat.

Pengumpulan donasi ini akan berlangsung hingga tanggal 1 November 2020. Sedangkan kegiatan pelatihan fotografinya dilakukan di Surabaya dan Bali. Rotarian, Rotaract dan masyarakat umum dapat ikut berdonasi berupa alat tulis, buku bacaan, tas sekolah, dan juga uang tunai (uang tunai akan digunakan untuk pembelian voucher kuota internet). Donasi Uang dapat di transfer ke: Rekening BCA 0105791777 an. Lie Leonardo Gunawan (Untuk transfer DONASI tambahkan Rp. 5,- Contoh: Transfer Donasi = Rp. 500.005,-) Donasi Barang dikirim ke alamat: IPP Diana Andalusi – Palm Sememi Barat 5/29 Surabaya – 60198

 

OPENING KEGIATAN EMPATHY FOR CHARITY – FUN PHOTOGRAPHY & COLORING ABOUT PEOPLE OF ACTION – Part 1

Sabtu, 19 September 2020 – Pukul 10.00 s/d 16.00 WIB

Di Food Junction Grand Pakuwon Surabaya

Pembukaan Kegiatan Empathy for Charity dihadiri 85 peserta dari Rotaract Area Surabaya dan Sidoarjo serta Siswa SMK Negeri 12 Surabaya. DDG Yetty Sutan, Presiden RCSD – Pres. Marlius Barat SBA dan juga AG Siani hadir di lokasi dan memberikan sambutan. Kegiatan terbagi menjadi 2 venue dan tetap menerapkan protokol kesehatan

Sebelum kegiatan pelatihan dilaksanakan, diberikan juga informasi tentang bahaya Narkotika yang disampaikan oleh Dra. KMAT Arie Soeripan, M.M selaku Ketua DPD GRANAT Jawa Timur.

Selain pelatihan fotografi yang dikemas dengan suasana santai dan fun oleh Tim Katalis (Komunitas Suka Fotografi dan Menulis) ada juga sesi mewarnai dan membuat Quote menggunakan produk Faber Castell. Dari hasil pelatihan foto dan mewarnai dipilih masing-masing 4 karya terbaik yang berhak mendapatkan trophy dan bingkisan.

Di akhir kegiatan ada juga sesi Refleksi Diri yang dipandu oleh Rtr. Shantika Wijayaningrat

 

KEGIATAN EMPATHY FOR CHARITY – FUN PHOTOGRAPHY & COLORING ABOUT PEOPLE OF ACTION di BALI – Part 2

Rabu, 30 September 2020 – Pukul 10.00 s/d 16.00 WIB

Di SMP SUNARI LOKA KUTA – DENPASAR

Kegiatan di Bali dimulai di SMP Sunari Loka Kuta. Kegiatan ditempat ini diikuti 30 siswa SMP Sunari Loka dan 30 Siswa SMA Kuta Pura. Di awal kegiatan DG Nyoman Suatika memberikan sambutan sekaligus membuka acara. Selain itu juga hadir dan memberikan sambutan Margaret Barry OAM, DSJ (Founder dan CEO Bali Children Foundation) serta perwakilan dari Peace Run dan perwakilan sekolah.

Pelatihan dibagi dalam dua kelompok, yaitu untuk siswa SMP dan siswa SMA. Peserta sangat antusias mengikuti materi yang disampaikan oleh Tim Katalis tentang Fun Photography. Selain mendapatkan teori fotografi mereka juga langsung dapat mempraktekkannya di sesi hunting bersama.

 

Semua peserta mendapatkan goodiebag dan juga diakhir acara dipilih 4 karya terbaik dari masing-masing kelompok.

Rotary Club Surabaja-Darmo juga memberikan cinderamata berupa Batik Peta Indonesia kepada SMP Sunari Loka, SMA Kuta Pura, dan juga kepada CEO Bali Childrean Foundation.

 

KEGIATAN EMPATHY FOR CHARITY – FUN PHOTOGRAPHY & COLORING ABOUT PEOPLE OF ACTION di BALI – Part 3

Jumát, 2 Oktober 2020 – Pukul 10.00 s/d 16.00 WIB

Di MEGA BOUTIQUE Hotel & Spa

Kegiatan kedua di Bali diaksanakan di Di MEGA BOUTIQUE Hotel & Spa. Kegiatan diikuti Anak Panti Asuhan Yayasan Al-Ittihad dan juga Rotaract Area Bali. District Governor Rotary 3420- DG Nyoman Suatika kembali hadir memberikan sambutan sekaligus memberikan semangat kepada semua peserta. Selain itu juga hadir kembali dan juga memberikan sambutan Margaret Barry OAM, DSJ (Founder dan CEO Bali Children Foundation).

Pada Pelatihan Fotografi, Tim Katalis menyampaikan tentang dasar-dasar fotografi dan pentingnya menggali ide kreatif dalam menghasilkan foto yang bagus. Peserta juga diberikan kesempatan untuk mempraktekkannya di sesi hunting bersama.
Setelah fotografi dilanjutkan dengan sesi mewarnai dengan teknik yang dicontohkan melalui video dari Faber Castell

 

Selesai sesi pelatihan ada juga sesi Refleksi Diri yang dipandu oleh Rtr. Shantika Wijayaningrat

Semua peserta dibagikan goodiebag dan diakhir acara dipilih 4 karya terbaik. Trophy untuk pemenang diserahkan oleh DG Nyoman dan Margaret Barry OAM, DSJ

KEGIATAN EMPATHY FOR CHARITY – FUN PHOTOGRAPHY & COLORING ABOUT PEOPLE OF ACTION di BALI – Part 4

Sabtu, 3 Oktober 2020 – Pukul 10.00 s/d 14.00 WIB

Di Bali Life Foundation

Kegiatan EFC hari ketiga di Bali diaksanakan di sebuah Panti Asuhan yang dikelola Bali Life Foundation. Kegiatan diikuti 45 Anak mulai dari TK s/d SMA. Sebelum kegiatan pelatihan dimulai, IPP Diana mewakili RCSD memberikan sambutan dan memberikan informasi tentang apa itu Rotary.

Peserta usia TK dan SD mendapatkan pelatihan mewarnai dan juga membaca cerita, sedangkan Peserta usia SMP dan SMA lansung mengikuti pelatihan Fotografi yang disampaikan oleh Tim Katalis. Disampaikan tentang dasar-dasar fotografi dan banyak contoh-contoh foto kreatif dengan kamera dan obyek yang ada disekitar kita. Peserta juga langsung bisa mempraktekkan teknik fotografi dengan dipandu oleh tim. Peserta sangat antusias mengikuti seluruh proses pelatihan.
   

Seperti di kegiatan sebelumnya, sesudah sesi pelatihan ada juga sesi Refleksi Diri yang dipandu oleh Rtr. Shantika Wijayaningrat yang memandu semua peserta untuk dapat selalu bersyukur dan focus atas apa yang mereka punya.

Semua peserta dibagikan goodiebag dan diakhir acara dipilih 4 karya terbaik.

KEGIATAN EMPATHY FOR CHARITY – FUN PHOTOGRAPHY & COLORING ABOUT PEOPLE OF ACTION di BALI  – Part 5

Minggu, 4 Oktober 2020 – Pukul 10.00 s/d 14.00 WIB

Di Dusun Suwug Rock – Singaraja

Kegiatan EFC hari terakhir di Bali diaksanakan di Dusun Suwug Rock di Singaraja. Kegiatan diikuti 40 Anak mulai dari SD s/d SMA. Seperti kegiatan sebelumnya, peserta mendapat pelatihan fotografi dan mewarnai. Kepala Desa setempat hadir dan memberikan sambutan serta ucapan terima kasih kepada Rotary atas kegiatan yang dilaksanakan di daerah mereka.

 

Sesudah sesi pelatihan peserta diajak melakukan Refleksi Diri yang dipandu oleh Rtr. Shantika Wijayaningrat. Peserta diajak bermeditasi sambil selalu bersyukur dan focus atas apa yang mereka punya.

Semua peserta dibagikan goodiebag dan diakhir acara dipilih 4 karya terbaik dan mendapatkan trophy dan bingkisan.

15 Comments

  • If you want to obtain a great deal from this piece of writing then you have to apply such methods to your won webpage. Ardis Humfried Esther

    yetiskin Reply
  • I was reading through some of your posts on this website and I believe this website is really informative! Keep putting up. Cyndie Arley Dric

    yabanci Reply
    • Thank you, and continue to support us by sharing this article.

      Admin D3420 Reply
  • Your means of describing the whole thing in this piece of writing is in fact pleasant, all can without difficulty understand it, Thanks a lot. Leora Krispin Ellicott

    altyazili Reply
    • Thank you, and continue to support us by sharing this article.

      Admin D3420 Reply
  • Thank you for your blog post. Really looking forward to read more. Much obliged. Allis Antoine Mosa

    720p Reply
    • Thank you, and continue to support us by sharing this article.

      Admin D3420 Reply
  • Remarkably enjoyable details you have remarked, thanks for posting. Rozelle Fairfax Jayne

    yetiskin Reply
  • Very nice to read and follow again. Hope to read more about this. Athena Anselm Reynard

    turkce Reply
    • Thank you, and continue to support us by sharing this article.

      Admin D3420 Reply
  • The Twin Falls Chapter has been meeting at the Valley Vista Village Community Room, 653 Rose Street N, Twin Falls, ID. Sibyl Lem Ornstead

    bluray Reply
  • Im thankful for the article post. Really thank you! Awesome. Demeter Fritz Janine

    yify Reply
    • Thank you, and continue to support us by sharing this article.

      Admin D3420 Reply
  • Hello. This post was extremely interesting, particularly since I was searching for thoughts on this issue last Friday. Cynthy Augusto Benenson

    torrent Reply
    • Thank you, and continue to support us by sharing this article.

      Admin D3420 Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *