Lansia Sehat Hidup Berkualitas

Lansia Sehat Hidup Berkualitas

Tanggal 27 Februari 2021 menjadi saksi terobosan baru dalam project-project yang pernah dilakukan oleh Rotary Club of Surabaja Darmo, Distrik 3420 Indonesia. Pada hari itu, Rotary Club of Surabaja Darmo bekerja sama dengan 2 (dua) Posyandu Lansia di Surabaya mengadakan project dengan sasaran para lansia atau para lanjut usia. Project ini bertujuan untuk menjangkau lebih banyak orang, agar semua kalangan masyarakat merasakan manfaat aksi kemanusiaan dalam perjalanan karya Rotary Club.

Ada dua kegiatan yang diadakan, yaitu belanja sehat dan pemeriksaan kesehatan.

  • Belanja sehat

Pada project ini, para lansia merasakan lagi pengalaman berbelanja, meskipun bukan di pasar. Setiap lansia yang hadir membawa pulang satu keranjang belanja berisi susu, tahu, tempe, biskuit, buah dan sayuran, daging ayam, pudding, sosis, bakso, telur, jahe, sereh, dan sebagainya. Sop ayam adalah bahan masakan utama yang disediakan. Para lansia diberikan tantangan memasak sop ayam di rumahnya masing-masing.

  • Pemeriksaan kesehatan

Para lansia mendapatkan pemeriksaan kesehatan seperti pengukuran berat badan, pengecekan kolesterol, pengecekan tekanan darah, dan sebagainya. Melihat baiknya dampak kegiatan ini bagi para lansia, pemeriksaan kesehatan rencananya akan dilaksanakan berkelanjutan setiap tiga bulan sekali.

Adapun para lansia berasal dari Posyandu Wijaya Kusuma di Banjar Sugian, dan Posyandu Sekar Melati di Candi Lontar, Surabaya bagian Barat. Menurut IPP Diana Andalusi, saat itu ada sekitar 35 orang lansia yang hadir per-posyandu. Jumlah ini bukan jumlah total lansia yang ada di sana. Untuk setiap kegiatan ke depan, para lansia akan hadir secara bergantian dengan lansia yang lainnya. Selain Rotarian dari Rotary Club of Surabaja Darmo, enam orang Rotaractor dari Rotaract Club of Darmo juga turut hadir dalam project ini.

.   .  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *