Nyepi di Tengah Pandemi Covid-19

Nyepi di Tengah Pandemi Covid-19

Apa yang muncul di pikiran kita ketika mendengar kata Nyepi? Pulau Bali, perarakan ogoh-ogoh, hiruk pikuk aktivitas belanja persediaan makanan di supermarket, satu hari yang hening dan sunyi, atau langit cerah bertabur bintang pada malam hari? Ya, begitu banyak hal yang terekam dalam ingatan tentang Nyepi. Tidak jarang, para wisatawan asing sengaja berkunjung ke Bali untuk merasakan langsung pengalaman ini.

Nyepi merupakan tahun baru umat Hindu menurut kalender Saka. Tahun baru ini dipercayai sebagai tahun pembaruan, yaitu terjalinnya toleransi umat beragama yang rukun. Menjelang Nyepi, biasanya umat Hindu melakukan serangkaian acara penyucian. Berbeda dengan tahun baru lainnya di dunia, Nyepi dirayakan dalam keheningan. Bali yang biasanya ramai, tiba-tiba menjadi hening selama sehari penuh. Tidak ada kegiatan saling berkunjung. Hanya ambulans dan layanan darurat yang boleh terlihat di jalanan.

Meskipun sudah dua tahun ini Nyepi dirayakan dalam situasi pandemi, semangat warga Bali untuk merayakannya tidaklah kendur. Tidak ada kesibukan membuat ogoh-ogoh seperti biasanya, tetapi beberapa warga Bali menyambut Nyepi dengan aktivitas kemanusiaan, seperti yang dilakukan oleh Rotary Club of Bali Tabanan.

Pada tanggal 6 Maret 2021, Rotary Club of Bali Tabanan membagikan sembako dan pakaian kepada warga kurang mampu di Pedesaan Tabanan, Bali. Rotary Club sudah dikenal sebagai organisasi pengabdian yang melakukan berbagai kegiatan kemanusiaan di hampir seluruh belahan dunia. Bagi sebagian orang, kegiatan kemanusiaan yang dilakukannya mungkin terdengar sudah biasa karena itulah yang selalu dilakukannya selama ini. Namun demikian, pembagian sembako kali ini menjadi sangat bermakna di tengah situasi sulit pandemi Covid-19. Rotary Club of Bali Tabanan berusaha meringankan beban warga kurang mampu di Tabanan untuk menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1943.

Dari senyumannya, terlihat jelas bahwa warga penerima bantuan merasa sangat senang atas perhatian yang diberikan kepada mereka. Semoga apa yang dilakukan oleh Rotray Club of Bali Tabanan dapat menginspirasi banyak pihak lainnya untuk turut serta meringankan tanggungan warga kurang mampu. Dengan berbagi, kita tidak akan berkekurangan, malahan akan berkelimpahan. Dengan berbagi, kita membuat orang lain memiliki harapan di tengah sulitnya hidup yang mereka alami.

Selamat Hari Raya Nyepi Caka 1943!

-Novi-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *