Pemberantasan Gizi Buruk pada Ibu dan Anak di Desa Kodi, Sumba Barat Daya

Pemberantasan Gizi Buruk pada Ibu dan Anak di Desa Kodi, Sumba Barat Daya

Pemberantasan Gizi Buruk pada 25 pasang Ibu dan Anak di Sumba Barat Daya.

Rotary Club of Bali Kuta memiliki perhatian khusus kepada daerah Sumba sejak sekitar 10 tahun lalu. Kini kami telah membentuk Rotary Satellite Club of Bali Kuta Sumba dan telah menjalankan salah satu project di Desa Kodi Kecamatan Sumba Barat Daya.

Gizi buruk dan Stunting masih menjadi salah satu masalah utama di Sumba. Dilaporkan bahwa sebanyak 52% anak dibawah usia 5 tahun di Sumba mengalami stunting (Kinyoki, 2007).

Pada tahun 2020 angka tersebut telah menurun menjadi 38,8% mengutip dari data yang disampaikan oleh Bapak Bupati Sumba Barat Daya (dr. Kornelius Kodi Mete). Pemberantasan Gizi Buruk atau Perbaikan Gizi bagi Ibu dan Anak juga merupakan salah satu program prioritas pemerintah Sumba Barat Daya.

Kurangnya wawasan dan pendidikan khususnya pada Ibu adalah salah satu akar permasalahannya. Para Ibu belum memiliki wawasan yang memadai mengenai pemenuhan gizi untuk anaknya.


Untuk itu Rotary Club of Bali Kuta melakukan penggalangan dana sejak bulan Agustus lalu. Donatur berasal dari member, partisipan dan masyarakat umum. Dana yang berhasil terkumpul hingga saat ini sejumlah Rp 30.000.000 dan telah disalurkan sejumlah Rp 10.000.000

Program dilaksanakan oleh member dari Rotary Satellite Club of Bali Kuta Sumba.
.
Kami memberikan edukasi mengenai nutrisi, makanan sehat dan pemberian makanan bergizi setiap Hari Selasa dan Kamis sejak 26 Agustus 2020.
.
Kami berharap dengan diberikan edukasi dan bantuan nutrisi dapat meningkatkan wawasan para Ibu untuk dapat memberikan pola asuh dengan gizi yang cukup pada anaknya. Kami juga berharap para Ibu yang telah kami edukasi, mampu mengedukasi lebih banyak orang di lingkungannya.
.
Service Above Self
.
Rotary Opens Opportunities

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *